Informasi Lengkap Kurs Dollar Hari Ini Februari 2018

Bagi anda yang mengikuti perkembangan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, mungkin harus sering sering melihat berita mengenai kurs dollar hari ini. Pasalnya nilai tukar mata uang rupiah terhadap mata uang asing terutama dollar memang bisa berubah setiap hari nya, bahkan setiap waktu pasti ada perubahan. Pada hari dimana artikel ini dibuat, nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar saja sudah meningkat hingga Rp13.532,- dan menurut reset sudah melonjak naik dari 2 tahun terakhir, yang sebelumnya hanya berada di angka Rp13.342. Namun, adakah dampak dari naiknya kurs mata uang asing terhadap rupiah ? Yuk simak beberapa penjelasannya berikut.

Beberapa Penjelasan Mengenai Dampak Dari Kenaikan Kurs Dollar Hari Ini

  1. Meningkatnya Gaji Dollar Pada Karyawan

Untuk anda yang belum mengerti benar tentang pekembangan kurs dollar hari ini, maka sebaiknya anda cermati dampak berikut. Melemahnya nilai rupiah, membuat karyawan yang dibayar dengan mata uang dollar akan semakin untung. Pasalnya jika di tukarkan di mata uang rupiah, hasilnya lebih berkali kali lipat, sedangkan mata uang rupiah jika di tukarkan dengan dollar akan sedikit jumlahnya, karena memang nilai dollar lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rupiah.

  1. Suku Bunga Menjadi Naik, Pertumbuhan Kredit Menurun.

Dampak negative yang kedua jika kurs dollar meningkat maka, suku bunga akan dinaikkan. Kenaikan dari suku bunga ini biasanya adalah langkah yang diambil Bank Indonesia (BI) guna menstabilkan nilai rupiah kembali. Karena jika kurs rupiah sudah lemah, maka yang tadinya harga 1 dollar ke rupiah Rp13.400,- bisa meningkat menjadi 5x lebih tinggi dari angka tersebut. Mengerikan bukan ? Dan dampak nyata yang merasakan adalah masyarakat Indonesia sendiri. Semakin naik suku bunga, masyarakat jadi enggan untuk berkutat dengan kredit, akibat lainnya maka pertumbuhan kredit jadi melambat. Permasalahan akan semakin menumpuk.

  1. Surat Utang Negara (SUN) Dan Obligasi Terancam

Tidak hanya karyawan dan masyarakat yang merasakan dampak dari melemahnya kurs dollar, tetapi merambat juga ke perdagangan Surat Utang Negara dan Obligasi. Para investor akan merasa kawatir ketika sudah ada kabar bahwa kurs rupiah mulai melemah, dan akan berlomba lomba menjual obligasi dan SUN tersebut. Tetapi jika sampai surat berharga tersebut tidak ada yang membeli, maka nilai rupiah terhadap dollar akan semakin merosot. Jadi Bank Indonesia mengambil langkah untuk membeli surat berharga tersebut dari investor asing, agar nilai rupiah tetap stabil.

  1. Perekonomian Amerika Meningkat

Karena nilai mata uang rupiah yang lemah, dan kurs dollar makin naik serta menguat, maka ada dampak keuntungan dari amerika sendiri. Kurs dollar makin bebas untuk bisa merajai pasar sasaran di Indonesia, karena memang harganya yang sedang anjlog akibat penurunan kurs rupiah. Otomatis, perkembangan perekonomian di amerika makin meningkat seiring berjalannya waktu, dan Indonesia pun makin terpuruk. Pasar global bisa saja di pimpin dan di pusatkan di amerika mengingat kurs dollar semakin tinggi.

  1. Menguntungkan Eksportir Dalam Negeri.

Tetapi ternyata ada juga beberapa keuntungan yang bisa didapat dari melemahnya kurs rupiah, yaitu meningkatnya keuntungan terhadap masing masing eksportir di Indonesia karena pastinya tawaran dan permintaan eksport akan semakin meningkat, seperti halnya pengusaha tekstil dan mebel. Pengusaha asing otomatis akan di untungkan dengan mendapatkan barang yang lebih banyak jika di rupiahkan karena memang nilai dollar lebih tinggi bila di rupiahkan, dan eksportir di Indonesia pun juga ikut untung karena bisa menjual barang lebih banyak dari biasanya, serta tidak merasa kawatir karena yang dipakai juga mata uang rupiah, bukan dollar (eksportir Indonesia=tinggal di Indonesia)

  1. Barang Lokal Akan Laris Di Pasaran

Keuntungan yang lain dari dampak meningkatnya kurs dollar ke rupiah adalah barang barang dalam negeri atau lokal dijamin akan laris di pasaran, mengingat barang barang branded impor akan menjadi terasa semakin mahal. Padahal sebenarnya tidak ada kenaikan dari barang impor tersebut, tetapi hanyalah mata uang rupiah saja yang sedang melemah. Harapannya, dengan keadaan begini, orang orang lokal akan tersadar dan tidak membeli lagi barang barang impor, sehingga barang lokal akan maju dan memperkaya negara sendiri, bukan memperkaya negara lain dengan memperlaris barang impor.

  1. Informasi Kurs Dollar Hari Ini Terhadap Rupiah Saat ini

Dalam 3 tahun terakhir, memang kurs dollar makin meningkat, namun nilai rupiah masih cukup stabil dan belum ada tanda tanda kemerosotan nilai rupiah yang signifikan. Bank Indonesia sampai saat ini masih menjalankan tugasnya dengan baik, tetapi diprediksikan kurs dollar akan tetap naik dari tahun ke tahun.

Sebaiknya anda mulai mengupdate berita mengenai nilai mata uang rupiah seperti yang ada di artikel kurs dollar hari ini, agar anda mengetahui hal apa yang seharusnya dilakukan apabila kurs rupiah mulai melemah. Namun tidak perlu kawatir karena saat ini Bank Indonesia masih bisa menjalankan tugasnya dengan baik untuk menjaga kestabilan nilai rupiah.

*** Informasi Informasi Lengkap Kurs Dollar Hari Ini Februari 2018 diatas bisa berubah kapan saja tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, kemungkinan harga berbeda di tiap daerah dan toko. Harga juga bisa saja sama saat sedang promo misal di minimarket, hypermart, supermarket, mall, toko, warung. Beberapa harga kami peroleh dan kumpulkan dari Alfamart, Alfamidi, Circle K, Griyamart, Guardian, Hero, Indomaret, MAXIMART, Superindo, TipTop, Yomart, Hypermart, Carrefour, Transmart Carrefour, Family Mart, FoodMart, Giant, LOKA, ROMP, Suzuya, TheFoodHall, TheMarket, Toserba Yogya dan Price List Katalog Promosi Februari 2018 Carrefour, Giant, Superindo, Hypermart, Lottemart, Alfamart, Toserba Yogya, Yomart, Indomaret, Oriflame, Sophie Martin, Sophie Paris, Tupperware, Guardian, Gadget, Matahari, Centro, Jilbab, Zoya
Kategori: Kurs Dollar Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,